Ternyata minum susu segar tak selalu menyehatkan

Tampaknya sudah menjadi aturan umum untuk menghindari minum susu segar atau susu murni saat berdiet. Susu segar dianggap mengandung lebih banyak lemak dibandingkan dengan susu skim atau susu lainnya. Namun, tak sedikit pula yang menganggap susu sehat sebagai salah satu minuman menyehatkan.

Jangan terburu-buru dulu menganggap susu segar sebagai minuman sehat atau tak sehat. Susu segar memiliki sisi baik dan buruk terkait dengan efeknya bagi kesehatan. Daripada penasaran, yuk kita simak sisi pro dan kontra dari minum susu segar, seperti dilansir oleh The Health Site (16/01).

Sisi pro minum susu segar

1. Kaya vitamin
Susu segar mengandung banyak nutrisi, bahkan lebih banyak dibandingkan dengan jus buah. Satu cangkir susu sehat bisa memenuhi lima persen kebutuhan vitamin Anda seharian. Susu segar juga mengandung riboflavin dan vitamin B12 yang penting untuk mencegah penyakit jantung dan bisa menurunkan risiko terkena serangan jantung atau stroke.

2. Kaya mineral
Minum segar adalah salah satu cara efektif untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan mineral lain bagi tubuh. Susu segar mengandung 30 persen kebutuhan kalsium Anda dalam sehari. Selain itu, susu segar juga memiliki banyak mineral seperti selenium, potasium, dan fosfor. Susu segar juga mengandung zinc, dan magnesium yang cukup. Fosfor dalam susu segar bekerjasama dengan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

3. Tinggi protein
Susu segar memiliki kadar protein asam amino yang tinggi. Faktanya, susu segar mengandung sembilan jenis asam amino yang dibutuhkan tubuh. Asam amino ini digunakan tubuh untuk menjaga kesehatan otot. Berdasarkan penelitian, protein dalam susu segar bisa membentuk dan menjaga kesehatan otot lebih baik dan lebih cepat daripada protein dalam kedelai.

Ketahui sisi negatif dari minum susu segar di halaman selanjutnya... Next>>

0 komentar:

Posting Komentar