10 Fakta Tentang Kuku yang Anda Perlu Tahu



Tanpa kita sadari, kuku-kuku jari kita juga melakukan kerja keras setiap harinya, lho. Seberapa baikkah Anda merawat dan mengenal kuku Anda? Simak 10 fakta tentang kuku berikut:
1.   Kuku Anda tumbuh sekitar 3-5 mm sebulan. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kuku Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk tumbuh panjang, termasuk kurangnya vitamin dan penyakit tertentu. Jika anda kehilangan kuku Anda, butuh waktu sekitar 3-5 bulan agar kuku tersebut tumbuh kembali sepenuhnya.
2.   Rambut dan kuku terbuat dari protein yang sama. Keduanya terbuat dari keratin, namun terbentuk di jalan yang berbeda.
3.   Kuku pria lebih cepat panjang dibanding kuku wanita. Itulah faktanya Namun anehnya, kuku perempuan cenderung lebih cepat panjang dibanding laki-laki ketika hamil.
4.   Kutikula ada untuk sebuah alasan. Kutikula menyegel kelembapan dan menjaga kuman dari tubuh. Meskipun beberapa orang merasa mereka tidak menarik, sangat penting untuk tidak mencabut atau membiarkan manicurist Anda memotongnya sampai habis.
5.   Genetis menentukan seberapa keras kuku anda. Beberapa dari kita diberkahi dengan kuku yang tebal dan yang lain memiliki kuku yang rapuh. Keras-lunaknya kuku Anda diturunkan dari orangtua.
6.   Kuku anda tidak membutuhkan oksigen. Ketika ada yang bilang kalau kuku anda butuh bernafas, mereka salah. Lempengan kuku merupakan sel mati dan tidak membutuhkan oksigen. Namun, kutikula dan daging di bawah kuku Anda itu hidup dan membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup.
7.   Musim dan cuaca mempengaruhi tumbuhnya kuku. Kuku anda itu mirip seperti manusia. Mereka hanya mau keluar ketika cuaca panas dan cerah. Pada cuaca dingin, kuku anda akan tumbuh dengan lambat.
8.   Kebiasaan menggigit kuku disebut onychophagia. Kita harus tahu kebiasaan buruk ini memiliki nama yang sama tidak menariknya. Kebiasaan menggigit kuku sering dikaitkan dengan stres dan kegugupan.
9.   Memotong kuku itu penting. Ketika kuku tumbuh panjang, kotoran dan bakteri dapat tersangkut disana. Ketika kotoran tertimbun di bawah kuku untuk waktu yang lama, hal tersebut dapat berbahaya dan tidak sehat. Tetap buat kuku Anda pendek untuk menghindari masalah yang berkaitan dengan kebersihan.
10.   Kuku dapat menunjukkan kesehatan dan kesejahteraan Anda. Ada banyak tanda-tanda yang pada kuku anda yang menentukan kerusakan kesehatan.
Beberapa yang paling umum adalah kuku berwarna pucat pertanda anemia, atau garis-garis vertikal gelap yang merupakan tanda-tanda melanoma. Jika kuku anda berwarna biru, itu menandakan tubuh anda kekurangan oksigen.

0 komentar:

Posting Komentar